Online Reputation Management

Online Reputation Management

Bisnis

Sengaja saya menggunakan istilah asing ini sebagai judul, karena saya yakin sebentar lagi istilah Online Reputation Management (ORM) akan sama populernya dengan Search Engine Optimization (SEO) dan semua orang lebih merasa nyaman dengan istilah asing tersebut daripada diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia.

ORM merupakan kombinasi antara marketing dan public relations dengan online marketing, terutama search engine. Kemudahan dikenali orang terutama melalui ranking yang tinggi di search engine untuk memperkuat publikasi positif merupakan sasaran utama, yang pada gilirannya akan menggeser dan menyingkirkan publikasi negatif dari search engine sehingga orang tidak melihatnya lagi. Berdasarkan statistik, mayoritas pengguna search engine tidak turun lebih jauh dari halaman kedua.

Secara operasional tujuan ORM adalah menempatkan publikasi perusahaan dan website-website yang terkait pada posisi puncak search engine, sehingga ketika orang melakukan pencarian mengenai anda, perusahaan anda, produk anda, merk anda, setidaknya halaman pertama dan kedua penuh terisi dengan konten dan publikasi yang positif.

ORM juga memungkinkan kita melindungi dan mengelola reputasi dengan melibatkan diri secara aktif dalam proses menggiring publikasi yang positif ke posisi puncak search engine dengan tiga langkah berikit:

  1. Monitor
  • Penting bagi kita untuk mengetahui apa yang dikatakan orang mengenai kita, perusahaan kita, produk kita, atau merk kita. Kita perlu memahami bahwa gerakan komunikasi diantara segelintir orang-orang biasa bisa menggiring opini publik dalam jumlah besar. Bukan hal yang sulit bagi seseorang untuk mempublikasikan informasi melalui consumer-generated media seperti blog, podcast, atau forum.
  • Tugas kita adalah memonitor pembicaraan di dunia maya ini. Kalau anda mendengar ini seperti pekerjaan mudah, fahamilah bahwa kompleksitas dan kecepatan internet menyebarkan informasi membuat pekerjaan ini sangat berat.
  1. Analisa
  • Analisa ini menyangkut ruang search engine yang berhubungan dengan reputasi kita. Amatilah website-website yang muncul di halaman pertama dan kedua search engine ketika kita melakukan pencarian dengan menggunakan merk kita sebagai keyword. Tentukan mana yang positif mana yang negatif.
  • Pilah-pilah jenisnya: blog, forum, review, dan sebagainya. Indentifikasi faktor-faktor penting dari website-website itu: PageRank, outbound link, dll. Tentukan mana yang ingin anda promosikan mana yang ingin anda depak. Dari sini anda bisa memperkirakan seberapa besar usaha yang perlu anda alokasikan.
  1. Pengaruhi
  • Pengaruhi hasil pencarian dengan melibatkan diri dalam diskusi yang terjadi di internet. Partisipasi aktif memungkinkan kita untuk mempengaruhi persepsi orang.
  • Kita tidak bisa mengganti konten orang yang berisi publikasi negatif mengenai merk kita, tetapi dengan mengubah persepsi mereka, mereka akan mengubahnya sendiri. Jadilah kontributor blog atau forum pada industri dimana anda bergerak, moderasi diskusi mengenai merk anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *