Meningkatkan Penjualan Online

Meningkatkan Penjualan Online

Bisnis

Banyak orang yang tertarik dengan bisnis online dan mempelajari SEO. Sebagian diantara mereka kemudian sukses mendongkrak websitenya ke halaman pertama search engine, katakanlah Google. Untuk keyword-keyword populer, jelas bukan barang gampang, perlu tenaga, waktu, dan kesabaran ekstra serta taktik yang tepat untuk meraihnya. Sayangnya keberhasilan menapaki hapaman pertama search engine sering kali tidak serta-merta mendapatkan penjualan dan menghasilkan pendapatan.

Bisnis online tidak ada bedanya dengan bisnis tradisional yang sering diistilahkan brick and mortar. Keberhasilan anda menaklukan Google hanya akan menempatkan toko anda di tempat strategis, di tengah-tengah keramaian. Hal yang mungkin banyak dilupakan adalah bahwa selain berada di tengah keramaian dimana banyak calon pembeli berlalu lalang, berada di halaman pertama search engine juga menempatkan anda di tengah-tengah kompetisi. Website-website lain yang berada di atas dan di bawah website anda pada halaman pertama search engine semuanya adalah kompetitor anda.

Untuk membukukan penjualan dan memperoleh laba anda harus melampaui titik kritis berikutnya, membuat mereka yang berlalu lalang itu masuk dan membeli dari toko anda, bukan dari toko sebelah. Dalam praktek e-commerce artinya mengunjungi website anda dan melakukan pembelian di website anda, bukan website-website lain yang berada di atas dan di bawah anda pada SERP. Berikut ada beberapa tip yang mungkin berguna untuk anda yang ingin meningkatkan daya jual website anda.

  1. Call to Action
  • Untuk anda yang belum pernah mendengarnya, istilah Call to Action itu artinya kurang lebih membuat orang memahami dengan mudah dan jelas apa yang anda ingin mereka lakukan di dalam website anda dan bagaimana cara melakukannya. Banyak ahli menyatakan bahwa pada toko online ini sudah merupakan 80% kunci kemenangan.
  • Apa yang sebenarnya anda ingin pengunjung anda lakukan di dalam website anda? Ya, meng-click tombol BUY. Anda memang harus melakukannya dengan elegan karena itu anda perlu memberikan informasi yang cukup jelas mengenai produk yang anda tawarkan, mungkin dilengkapi dengan foto bahkan video, tapi anda harus tetap memastikan bahwa mereka dengan mudah memahami apa yang anda inginkan dan bagaimana melakukannya, click tombol BUY.
  • Banyak orang menjejalkan sebanyak mungkin informasi dalam satu halaman website karena ada teori yang mengatakan ?kita hanya hanya memiliki waktu 7 detik untuk manarik perhatian pengunjung?. Teori ini sangat populer, coba anda Google ?seven seconds to capture attention?. Mungkin ada benarnya, tapi ingat bahwa teori itu mengatakan 7 detik untuk menarik perhatian, bukan untuk membuat orang malah bingung. 7 detik menarik perhatian dengan komunikasi visual, artinya dalam rentang waktu yang begitu pendek anda harus bisa menggiring pengunjung ke tombol BUY. Jangan kacaukan perhatian mereka dengan hal-hal lain.
  1. Singkat tapi Padat
  • Masih berhubungan dengan nomor 1 di atas anda harus memperkatikan dengan seksama apa saja yang anda tulis di halaman website anda. Makin sedikit yang anda tulis makin baik, artinya makin cepat pula mereka mengambil keputusan meng-click tombol BUY. Kalau berlama-lama perhatian dan pikirannya bisa melayang ke tempat lain lagi.
  • Tapi anda juga jangan terjebak dengan asal pendek, anda harus membuatnya pendek tapi berkesan, membuat mereka tergiring untuk segera mengambil keputusan dan menekan tombol BUY. Kalau pendek tapi tidak jelas, ya tidak ada artinya.
  1. About Us dan Contact Us
  • Ketika orang membeli sesuatu di toko online, mereka tidak benar-benar tahu dengan siapa mereka sedang berurusan. Keadaan ini sesungguhnya memberikan ketidaknyamanan tersendiri. Salah satu cara pengunjung mengetahui dengan siapa mereka berurusan adalah dengan meng-click tombol About Us.
  • Banyak pemain pemula menganggap enteng halaman About Us. Jika anda masih menggunakan template halaman generik dengan informasi seadanya untuk halaman About Us, gantilah segera. Halaman About Us harus membuat orang mengerti bahwa anda atau perusahaan anda yang berada di balik website yang mereka kunjungi adalah orang dan perusahaan yang profesional dan terpercaya.
  • Berikan alamat yang sejelas-jelasnya dan berbagai cara yang memungkinkan mereka untuk berkomunikasi langsung dengan anda. Alamat, nomor telepon, email, online messanger, dll. Banyak pemain yang hanya memberikan sebuah form isian pada halaman Contact Us. Anda terkesan sangat tertutup, bersembunyi, tidak berani berkomunikasi langsung dengan konsumen. Bagaimana anda berharap orang mau mengirimkan sejumlah uang untuk membeli sesuatu dari anda sementara satu-satunya cara mereka berkomunikasi dengan anda adalah mengisi form?
  1. Testimoni Asli
  • Cara lain untuk membuat orang yakin untuk membeli produk yang mereka butuhkan dari website anda adalah pendapat orang lain, pendapat pembeli lain. Karena itu mintalah pembeli untuk memberikan testimoni. Pastikan bahwa testimoni yang anda tampilkan bukan asal-asalan bikinan anda sendiri.
  • Sebaiknya testimoni itu mereka berikan di media publik dimana anda tidak punya kemampuan untuk mengendalikannya, sehingga pembaca faham bahwa testimoni itu asli, bukan akal-akalan bikinan anda sendiri.
  1. Video Online
  • Pernah mendengar bahwa You Tube adalah search engine kedua? Pernah mendengar bahwa sekarang orang sudah semakin malas membaca? Artinya anda harus membuat video.
  • Video memungkinkan intensitas ikatan komunikasi yang jauh lebih baik daripada media komunikasi lainnya. Orang lebih suka memahami dengan melihat, bukan membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *